Selasa, 16 Mei 2017

Tips Tetap Sehat Saat Puasa

Unknown
Puasa adalah ibadah wajib dan merupakan salah satu rukun islam yang ketiga. Sebagai ibadah wajib dan memiliki nilai pahala yang besar dari Allah tentunya tidak ada alasan bagi kita untuk mengabaikannya. Puasa diwajibkan bagi seluruh umat muslim kecuali anak-anak yang belum baligh, orang yang sakit parah, sakit jiwa, lansia yang sudah uzur, yang sedang menempuh perjalanan jauh dan wanita hamil atau menyusui.
foto:wahdah.or.id

Meningat pentingnya puasa maka penting bagi kita untuk menjaga kesehatan agar kegiatan ibadah puasa tidak terganggu. Sangat disayangkan jika ibadah puasa diabaikan hanya karena sakit kepala, maag dan lain-lain. Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap  sehat saat puasa :
                                                     
Jaga pola makan
Berpuasa secara medis sudah diakui sebagai salah satu kegiatan membuang racun atau toxic yang selama ini mengendap dalam tubuh. Dengan berpuasa maka tubuh diistirahatkan dari berbagai makanan yang kurang baik. Karena bisa jadi selama setahun ini kadang kita mengkonsumsi makanan yang tidak bersih, berlemak, kurang matang dan lain-lain. Nah kegiatan puasa inilah yang akan membantu tubuh untuk membersihkan itu semua.

Konsumsi makanan sehat saat puasa
Untuk membantu tubuh agar lebih optimal membuang racun tersebut hendaknya kita mengkonsumi makanan secukupnya saja, jangan sampai berlebihan terutama saat berbuka. Perut yang terlalu penuh saat buka akan membuat usus dan lambung terkejut sehingga kesulitan dalam mencerna makanan. Utamakan makanan sehat seperti buah dan sayur.

Olah raga saat puasa
Olah raga ringan masih bisa dilakukan saat puasa. Jangan jadi malas hanya karena sedang berpuasa. Usahakan tetap berolah raga misalnya jalan pagi sekitar rumah.  Melakukan pemanasan, senam dan masih banyak lagi. Yang perlu diperhatikan saat olah raga ketika puasa adalah tidak membuat tubuh terlalu lelah sehingga kekurangan air. Karena selama puasa kita perlu menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi fit.

Banyak minum air
Tubuh akan mengalami kekurangan air saat puasa. Untuk mengembalikannya minumlah sedikitnya dua liter air dari saat berbuka hingga sahur. Anda bisa mengaturnya dengan cara minum dua gelas air saat berbuka, empat gelas malam hari, dan dua gelas saat sahur. Semoga puasa anda lancer hingga penghujung ramadhan.

Tentang Penulis

Unknown / Author & Editor

Sorry gan, ini bukan foto saya, kalo wajah saya seganteng ini, pasti udah banyak cewek nih naksir ane

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.