Jumat, 24 Maret 2017

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Lakukan Renovasi Apartemen

Unknown


Menyewa atau membeli apartemen merupakan salah satu pengalaman yang cukup mendebarkan. Selain harus memilih dan banyak mempertimbangkan harga, lokasi serta bentuk apartemen, kamu juga harus bersiap – siap untuk melakukan penataan atau renovasi apartemen. Baik itu apartemen baru atau pun apartemen second, keduanya tentu memerlukan penataan dan renovasi yang sesuai. Mulai dari mengubah warna cat dinding, mengatur posisi dan letak perabotan, hingga meletakan berbagai hiasan dan perlengkapan lainnya.
Melakukan renovasi apartemen memang tidak mudah untuk dilakukan terlebih lagi jika kamu memilih apartemen di Jakarta yang memiliki ruangan tidak terlalu luas. Namun sebelum kamu memutuskan untuk renovasi apartemen coba perhatikan beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelummelakukan penataan atau renovasi apartemen.


Pindai Cacat Dan Kekurangan Di Unit
Sebelum melakukan renovasi kita harus mencari tau terlebih dahulu mengenai apa saja yang harus diperbaiki dalam apartemen di Jakarta yang kita miliki. Jika perlu catat semua kekurangan atau kerusakan apartemen. Bila apartemen yang kamu miliki baru saja kamu beli atau baru selesai dibangun oleh pengembang/pengelola, sebelum ditempati sebaiknya periksa keadaan apartemen bersama pengembang untuk melihat cacat dan kekurangan apartemen di Jakarta yang akan tempati, jika memungkinkan minta pengembang untuk memperbaiki cacat dan kekurangan yang kamu temui di hunian yang kamu pilih.

Ketahui Aturan Pengembang
Umumnya pengembang atau pengelola apartemen akan memiliki batasan – batasan atau larangan tertentu untuk melarang pemiliknya melakukan renovasi tertentu yang dapat mempengaruhi fasad bangunan secara keseluruhan. Seperti misalnya mengubah bangunan atau membuat bangunan tambahan secara permanen.
Bahkan ada beberapa pengelola yang memberikan saran untuk membangun lagit – lagit palsu untuk memasang kabel – kabel dan pencahayaan ruangan untuk menghindari pembongkaran atau penjebolan beton. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan struktur bagunan apartemen agar tetap kuat dan tidak berubah serta mempengaruhi fasad bangunan. Karena hal – hal tersebutlah para pengembang atau pengelola apartemen memberlakukan beberapa larangan dan batasan – batasan tertentu kepada para pemilik apartemen pada saat melakukan perubahan atau renovasi apartemen.

Pertimbangkan Masa Depan
Bila kamu merupakan pasangan pengantin baru yang memilih unit apartemen di Jakarta dengan ukuran kecil untuk dijadikan tempat tinggal sementara dan memiliki keinginan serta niat untuk memiliki keturunan dalam waktu dekat, sebaiknya tidak perlu melakukan renovasi apartemen terlalu banyak. Karena suatu saat kamu akan memiliki niatan untuk menjual atau menyewakan unit apartemen tersebut dan pindah ke unit apartemen yang lebih luas dan besar. Maka pertimbangkan juga apakah kamu akan tinggal menetap di apartemen tersebut atau akan pindah dalam waktu dekat.

Perkirakan Kebutuhan Ruang
Untuk mempermudah proses penataan atau renovasi apartemen yang akan kamu lakukan. Perkirakan kebutuhan ruangan yang diinginkan oleh anggota keluarga seperti ruangan – ruangan khusus untuk bermain, bekerja, jumlah kamar, dan ruangan – ruangan lainnya.

Atur Alur Kegiatan
Luas ruangan apartemen memang sangat terbatas. Hal ini lah yang harus kita perhatikan untuk membuat alur antar ruangan secara efisien. Yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan ialah membuat apartemen dengan konsep terbuka dengan sesedikit mungkin membuat batas ruangan atau dinding agar unit terkesan lebih lapang. Misalnya dengan menggabungkan atau tidak membatasi ruang duduk dengan ruang makan atau dengan menggunakan sekat atau partisi semi transparan sebagai pembatas antar ruangan. Cara lain yang bisa kamu lakukan ialah dengan menerapkan sliding door atau pintu lipat geser serta membuat furniture atau perabotan yng multifungsi dan bersifat built in.

Manfaatkan Barang Bekas
Melakukan renovasi apartemen atau rumah dengan cara ramah lingkungan bukan hanya sekedar trend saat ini saja karena hal ini cukup penting dilakukan guna menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu tampilan apartemen di Jakarta yang kamu miliki pun akan tampak unik dan terkesan berbeda. Gunakan barang bekas menjadi elemen – elemen dungsional atau sebagai unsure hiasan untuk dekorasi ruangan. Cara ini juga dapat dijadikan sebagai ajang mengasah kreatifitasmu.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan penataan atau renovasi apartemen. Lakukan renovasi atau perubahan yang tidak merubah struktur bangunan secara permanen atau mengganggu struktur bangunan. Bila perlu lakukan konsultasi dengan pengembang ketika kamu akan menambahkan bangunan atau material yang akan sedikit merubah bentuk mula unit apartemen.

Tentang Penulis

Unknown / Author & Editor

Sorry gan, ini bukan foto saya, kalo wajah saya seganteng ini, pasti udah banyak cewek nih naksir ane

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.